politik taman nasional

Posted on 13 November 2006. Filed under: daerah, kebijakan, laut, nasional |

Arif Satria menyampaikan bahwa ketiadaan desentralisasi kepada masyarakat tersebut dikhawatirkan akan menyebabkan meningkatnya konflik dengan nelayan sebagaimana marak terjadi di kebanyakan taman nasional laut yang ada. Konflik terjadi karena nelayan merasa “terjajah”, mengingat tiba-tiba harus terusir dari wilayah tangkapannya tanpa adanya konsultasi terlebih dulu. Akibatnya, marginalisasi nelayan seolah menjadi kenyataan yang harus diterima di mana taman nasional itu berada. Di sinilah dimensi perjuangan baru mesti dilakukan, yakni perjuangan terhadap hak-hak nelayan yang dulunya mereka miliki tapi hilang karena intervensi pihak luar atas nama konservasi.

Perebutan kepentingan antara pemerintah pusat dan daerah sangat terlihat dalam area konservasi. Pertempuran antara UU No. 22 tahun 1999 (sekarang menjadi UU No. 32 tahun 2004) dengan UU No. 5 tahun 1990 beserta UU No. 41 tahun 1999 telah menjadi sebuah akar disingkirkannya kepentingan komunitas lokal di kawasan konservasi. Tidak hanya di daratan, namun hingga kawasan laut.

Kenyataan ini juga didorongkan oleh kepentingan lembaga konservasi internasional (yang bekerja sama dengan Departemen Kehutanan), dimana begitu mudahnya peneliti asing masuk ke wilayah Indonesia, melakukan penelitian dan kemudian membuat rekomendasi yang menghilangkan hak-hak atas sumber kehidupan komunitas lokal. Tudingan penghacuran kekayaan alam pun diarahkan pada komunitas lokal. Akhirnya, pemerintah yang buta telah pula melegalkan upaya pengambilan paksa kawasan kelola rakyat oleh lembaga konservasi internasional.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: