pohon

Posted on 13 November 2006. Filed under: hutan, tindakan |

Sahrudin menuliskan: Nirwono Joga mengatakan “Satu hektar ruang terbuka hijau (RTH) bermanfaat untuk menetralisir 736.000 liter limbah cair hasil buangan 16.355 penduduk; menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk konsumsi 1.500 penduduk perhari; menyimpan 900 meter kubik air tanah pertahun. Satu hektar RTH juga mampu menransfer 4.000 liter air perhari, atau setara dengan pengurangan suhu lima sampai delapan derajat Celcius. Ini setara dengan kemampuan lima unit alat pendingin udara berkapasitas 2.500 KCal/20 jam. Sehektar RTH juga mampu meredam 25-80 persen tingkat kebisingan, dan mengurangi 75-80 % kekuatan angin.”

Pohon penting bagi kehidupan. Terkadang baru disadari setelah terjadinya bencana ekologi (kekeringan, banjir dan longsor). Harusnya setiap orang memiliki sebatang pohon yang tumbuh di jiwanya.

Juga Sahrudin menuliskan: Nirwono Joga menyampaikan “Pohon, produsen oksigen yang belum tergantikan fungsinya. Pada lahan seluas 1.600 meter persegi, yang terdapat 16 batang pohon berdiameter tajuk 1 meter akan menyuplai 14.000 liter oksigen. Setiap jam, satu hektar daun-daun hijau menyerap 8 kilogram CO2 yang setara dengan jumlah karbondioksida yang dihembuskan oleh sekitar 200 orang dalam waktu yang sama. Jika satu liter oksigen hanya dihargai Rp. 100,00, maka menanam sebatang pohon sama dengan menghemat biaya untuk membeli oksigen sebesar Rp. 1.400.000,00 perhari, atau 42 juta rupiah perbulan atau 511 juta rupiah pertahun perorang.”

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

3 Tanggapan to “pohon”

RSS Feed for catatan kecil tesis lingkungan hidup Comments RSS Feed

mas ade, sebenarnya saya mengutipnya dari KOMPAS entah edisi hari apa di tahun 2004. hehe, mungkin saya lupa menuliskan sumbernya.

terima kasih informasinya. sudah saya tambahkan link dari artikel kompas

Blognya bagus. kita sebagai manusia harus mencintai bumi karena bumi adalah rumah kita.Bumi telah memberikan begitu banyak oksigen secara gratis kepada kita semua.Semoga dengan hadirnya blog ini kita menjadi lebih bijak dan arif dalam menjaga rumah kita yang paling berharga, yaitu bumi kita yang indah ini🙂


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: