pengelolaan satwa dilindungi di Indonesia

Posted on 12 November 2006. Filed under: flora-fauna, kerusakan, nasional |

Jakarta (ANTARA News) – Sekitar enam ribu ekor satwa di enam lokasi pusat penyelamatan satwa (PPS) di tanah air, terlantar setelah berakhirnya kerjasama antara Departemen Kehutanan (Dephut) dengan Gibbon Foundation sejak September 2006. Keenam lokasi PPS yang menampung enam ribu ekor satwa itu, yakni, di Yogyakarta, Bali, Sulawesi Utara, dan Jawa Barat (Cikananga, Kabupaten Sukabumi dan Gadog, Kabupaten Bogor).

Gibbon Foundation masih berusaha untuk melakukan kerjasama lagi dengan Departemen Kehutanan, setelah Dephut memutuskan hubungan dengan lembaga ini. Bahkan dalam sebuah siaran pers melalui lembaga berbeda (Borneo Orangutan Survival Foundation/BOSF), pendiri Gibbon Foundation, Willie Smits,  menyatakan bahwa 1.000 orangutan telah mati selama kebakaran hutan yang terjadi tahun ini di Indonesia.

pengelolaan satwa oleh BOSF sendiri hingga saat ini telah menimbulkan banyak kematian orangutan. alasan penyakit hepatitis dan gangguan pencernaan disebut sebagai penyebab utama kematian. sementara, pada bulan Mei 2006, teknisi pengelola satwa malah membunuh orangutan dengan parang dikarenakan hanya seorang diri memberi makan orangutan dan orangutannya terlihat akan menyerang.

sampai dengan saat ini, Dephut belum pernah melakukan evaluasi independen terhadap kinerja lembaga konservasi yang melakukan kerjasama dengan Dephut. dari beberapa temuan lapangan, terlihat bahwa Dephut hanya terbuai dengan dana US$ 500 ribu setiap tahun yang wajib disediakan oleh masing-masing lembaga tersebut untuk kegiatan konservasi di Indonesia (lihat nota kesepahaman/MoU antara Dephut dengan lembaga konservasi internasional di Indonesia).

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “pengelolaan satwa dilindungi di Indonesia”

RSS Feed for catatan kecil tesis lingkungan hidup Comments RSS Feed

perubahan hutan menjadi kebun sawit secara besar besaran juga banyak menimbulkan masalah lingkungan


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: