pahlawan lingkungan

Posted on 12 November 2006. Filed under: daerah, hutan, kerusakan, tindakan |

Liputan6.com, Lombok Barat. Abidin Mustakim, 72 tahun, layak disebut pahlawan. Tidak seperti pejuang pada zaman merebut kemerdekaan, Mustakim bergerak tanpa senjata tetapi dengan aksi nyata. Ia kini menjadi pahlawan bagi warga Dusun Empak Mayung, Nusatenggara Barat karena berhasil mengubah lahan kering yang tidak produktif menjadi lahan subur.

inisiatif masyarakat lokal terkadang tak pernah dilihat oleh pemerintah. kebijakan yang dibuat oleh pemerintah selalu berlawanan. lihat saja program gerakan rehabilitasi hutan dan lahan (GERHAN) ataupun reboisasi dan rehabilitasi menggunakan dana alokasi khusus-dana reboisasi (DAK-DR) yang tingkat keberhasilannya antara 0-60%. belum termasuk kasus korupsi oleh aparat pengelola dana, yang membuktikan bahwa inisiatif pemerintah hanya sekedar untuk menghabiskan dana publik.

dari tahun 1978, dengan modal pinjaman dari bank Mustakim membeli lahan tandus seluas 1,5 hektare seharga 6.000 ribu rupiah per meter. untuk menyuburkan tanah pertama-tama ditanam lamtorogung. selain itu untuk menjamin ketersediaan air ia harus mengambil air sejauh sembilan kilometer untuk ditampung di sebuah bak yang selanjutnya di salurkan ke tanaman dengan menggunakan sistem tetes. hasil kerja kerasnya selama 28 tahun berbuah kesuksesan. telah terhampar berbagai jenis tanaman yang bernilai ekonomis tinggi.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: