antara masyarakat dan konservasi

Posted on 12 November 2006. Filed under: daerah, hutan, kebijakan |

Bengkulu (ANTARA News) – Sebanyak 347 unit desa yang berada di dalam dan berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) akan diberdayakan dan dilakukan pembinaan sehingga keberadaannya tidak merusak kawasan tersebut.

UU No. 5 tahun1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hutan dan Ekosistemnya dan UU No. 41 tahun 1999 jo UU No. 19 tahun 2004 tentang Kehutanan mengamanatkan untuk tidak adanya masyarakat di dalam kawasan konservasi, termasuk di dalam taman nasional. ruang kecil yang ada adalah zona pemanfaatan, dimana masih dimungkinkan dilakukannya pemanfaatan secara terbatas oleh masyarakat lokal maupun peneliti untuk memanfaatkan ruang di dalam kawasan taman nasional.

kenyataannya,  hampir semua kawasan taman nasional dihuni oleh kelompok komunitas lokal, yang telah hadir terlebih dahulu sebelum sebuah kawasan ditetapkan sebagai kawasan konservasi. juga oleh pemerintah daerah telah ditetapkan sebagai desa definitif (lihat kasus TN Kutai di Kalimantan Timur). selain juga, kepentingan pembangunan mengharuskan dibangunnya jalan yang membelah kawasan konservasi.

pemerintah, dalam hal ini Departemen Kehutanan, kemudian mengeluarkan aturan mengenai pengelolaan kolaborasi (colaborative management). terjemahan kebijakan ini pun tergantung pihak yang mencoba memahaminya. dikarenakan proses pengelolaan kawasan konservasi didorongkan oleh lembaga kerjasama internasional, maka yang lebih ditonjolkan adalah aspek bisnis konservasi, semisal perusahaan wisata (lihat kasus PT Putri Naga Komodo yang sahamnya dimiliki oleh The Nature Conservancy).

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: